Sabtu, Januari 19, 2013

Masa Kecil dan Karaoke Tengah Malam

Karaoke tengah malam.... Hhmm... bukan seperti yang anda bayangkan, tengah malem saya karaoke.. waaahhh saya tidak suka keluyuran tengah malem buat seneng-seneng, mentok ya ngopi di pinggir jalan, hehe.... Karaoke tengah malam disini maksud saya lembur kerjaan mendesain Room Karaoke sampe tengah malam. Lalu Masa kecil maksudnya apaan coba?

Naahh.. tadi siang tuh saya habis ngobrol panjang lebar ama Mas Nagan, dia tuh kontraktor interior yang biasa pake desain saya, waktu itu membahas tentang masa-masa nelangsa jaman dulu, beliau crita kalo dulu pernah mengalami masa susah, naahh... kalo ada yang ngawali cerita-cerita kayak gini nih saya jadi inget masa-masa nelangsa jaman dulu.

Masa kecil saya pernah loper koran, serius nih....LOPER KORAN.... saya ga malu kok walaupun dulu temen-temen tau kalo saya dari SD kelas 4 - SMP kelas 2 pernah loper koran, ilustrasinya kayak gambar disebelah nih, bukan karena saya ga punya malu, tapi emang pada dasarnya saya orangnya apa adanya, bahkan mantan pacar saya (baca: sekarang jadi bini) pas awal kenal dulu juga udah tau kalo kluarga saya adalah orang yang sederhana, saya ga bilang miskin lo ya.... pamali kalo bilang miskin tuh, wong kita udah dicukupi semua ama Allah SWT, tapi dia (mantan pacar) ya nrima apa adanya, it's OK kan.....
Nah Mas Nagan tadi siang tanya "ngapain kamu kok sampe loper koran?"
Ibu saya dulu pernah jadi pembantu waktu saya balita, trus pas saya SD mulailah ibu jualan rujak dan saya loper koran pas kelas 4. Saya dulu loper koran gantiin kakak saya yang udah meninggal, jadi pagi-pagi habis subuh saya dateng ke Agen koran Surya, masih inget waktu dulu tiap pagi ngirim 32 koran surya dengan gaji sebulan 32 ribu. tiap pagi selalu adaaa aja yang marahin, yang karena korannya kusutlah, yang datengnya kelamaanlah, padahal masih jam 5.30 tapi katanya jam segini berita di TV udah nongol.. Ya Allaahh tolong Baim ya Allah. Waktu itu bapak saya dipecat dari pabrik coklat karena tidak mau nyoblos partai X (taulah jaman dulu partai apa yang memaksakan kehendak), nah alhasil bapak saya jadi tukang talang, TUKANG TALANG lo yaa.. bukan tukang bangunan, jadi cuma mengerjakan talangnya doang, kalo ibu saya (biasa saya panggil memeh) jualan rujak, mas mbak saya ada yang bagian nggiling bumbu, ada yang nyambi kirim krupuk di warung-warung, macem-macemlah perjuangannya. dan hebatnya walaupun hanya sebagai tukang talang dan penjual rujak, tapi orang tua saya bisa menyekolahkan ke-9 anaknya, kami 9 bersodara beneran loh... tentunya dengan sangat berjuang mereka membiayai kami, saya ingat betul tiap bayar BP3 (sekarang namanya SPP) ibu selalu datang ke sekolah minta keringanan karena belum bisa membayar uang BP3. 

Next...Next...Next.... Menginjak masa kuliah kakak-kakak saya udah pada kerja, mereka bahu-membahu membiayai kuliah saya, sampe maluuu gitu rasanya menjadi beban, ya tau sendiri saya anak terakhir, jadi kuliahnya juga paling akhir, waktu itu saya malah ga sempet mikir kuliah, udah langsung kerja aja biar ga jadi beban kaluarga, tapi didukung ama Mbak Isna (ini nih kakak yang paling sering ngasih semangat pas kuliah), dan alhamdulillah waktu itu yang test dapat peringkat 1-100 cuma bayar 3jt doang, sedangkan yang peringkat 100 keatas kena  30jt, busyeeett... kalo saya kena segitu ga bakal sanggup ngelanjutin nih, untungnya saya peringkat 100, weleeeehhhh terakhir (hahaha...bercanda, gak peringkat 100 kok, tapi 99), itupun lagi-lagi minta keringanan waktu dan biaya, jadi udah dipotong 50% trus waktunya dimundurin lagi, I Love You ya Allah....
Next...Next...Next.... Masa-masa kuliah penuh dengan beban kesungkanan (bener gak sih bahasanya?), yaa karena biaya dari kakak-kakak semua, jadi sungkan kalo mau bayar ap-apa gitu, kalo yang biayain kedua orang tua sih cuma sungkan ama 2 orang, lha ini 9 sodara dan 2 orang tua, byuuuhh sungkan ama 11 orang. SUMPAH saya gak bohong nih selama 4th kuliah saya cuma beli buku 2 kali, yang  judulnya "'Dasar-Dasar Perspektif' sama 'Teori Warna menurut Albert Munshell'.... udaaahh ga beli-beli lagi, sungkan mau minta uang, sampe pernah ngelamar di Mc Donald untuk jadi pelayan buat tambahan kuliah, tapi ga ketrima,hehehe...untungnya pas semester 4 ada tawaran kerja Part Time jadi drafter di Mitra 10, ALHAMDULILLAAAHH... pulang kerumah saya cium bidadari saya (baca: ibu), dan beliau langsung nangis tau saya dapet kerja dengan gaji Rp 2.250.000 sumpah buanyak banget gaji segitu bagi saya pas kuliah dulu, trus semester 5 dapet kerjaan lagi yaitu tenaga freelance dari DEBINDO jadi Exhibition Designer, Wah saya tambah kaya, bhahahaha... bahasaku rek.... yaahh tuh uang buat dana masa-masa TA yang sangat menguras uang dan tenaga, dari bikin meuble, ngeprint gambar kerja buanyak, bikin maket interior. Sampe-sampe wisuda pun saya ga ada dana buat foto ke studio poto, waktu itu paling murah 350rb, minta mas mbak? SUNGKAN! tuh liat sendiri poto diatas kami poto sendiri di tembok trus saya edit sendiri pake photoshop, buku-buku dibelakangnya tuh bikin sendiri pake 3Dmax. Nah itu masa-masa 'sedikit' nelangsa dari jaman kecil sampe lulus kuliah.

Sekarang alhamdulillah kakak-kakak udah pada beli rumah, sekarang giliran saya untuk beli rumah, nah kebetulan 2bulan lalu saya jalan-jalan ke Pameran Property, disana saya kepincut untuk membeli rumah kecil-kecilan lah type 39/90, Ya belum fix sih, tapi masih nyicil Uang Muka aja, bahkan rumahnya belum ada, hehehheee... nih gambar disamping cuma maketnya doang, jadi kami ditunjukin kalo kayak gini nih rumahnya ntar kalo jadi.. Okee sambil jalan keep fighting mumun... semoga diberi jalan untuk punya rumah sendiri dan insyaallah kedepannya ada inisiatif untuk menjadikan rumah ini juga sebagai kantor, Bismillah semoga bisa punya kantor Konsultan Desain sendiri. Aamiin.... Nah tapi kalo inget masa-masa 'sedikit' nalangsa tadi itu saya jadi merasa sangat berdosa kalo lagi ada kerjaan trus dengan santainya saya ulur-ulur mengerjakan projectnya. Hhuuftthh... setelah ngobrol-ngobrol dengan Mas Nagan tentang masa sulit saya langsung tergugah untuk menyelesaikan kerjaan saya sampai jam berapapun, dan lembur sampe pagi tiap hari juga ga masalah, kalo pendapatan perbulan 5jt bagi desainer Arsitektur Interior mungkin sedikit tapi bagi saya itu sangat banyak kalo saya membayangkan masa 'sedikit' nelangsa dulu, apalagi kapan hari pernah dapet kerjaan bikin animasi nilainya lumayan banget menurut saya (project yang saya upload di youtube dibawah ini) Ya Allaaaahhhh saya merasa jadi orang yang paling kaya sedunia, walaupun waktu itu Mas Nagan juga cerita tentang project dia senilai Ratusan juta. Huufftt..bagi saya nominal segitu sangat amat banyak sekali, bahkan dengan uang segitu saya bisa beli bikang 30.000 biji dan ga mungkin bisa habis dalam waktu 2bln (Ngapaiiin coba beli bikang segitu banyaknya?) hehehheee....


Nah malam ini, eh maksud saya pagi ini pukul 02.30 AM progres udah 50%, desainnya udah beres, sekarang waktunya bikin gambar kerjanya.... Ayooo semangattt dan jangan lupa sedekah ya Mumuuunnnn.... 
Nih beberapa spot desain untuk Galaxy Karaoke yang lagi saya desain sekarang ini dan bekerja sama dengan Evan Interior, kontraktor dari Bogor... semoga lancar pelaksanaannya ntar ya pak.. Aja...aja...hwaiting... (penyemangat ala Korea).

0 komentar:

Posting Komentar