Selasa, Januari 10, 2012

PULAU SEMPU the secret paradise


“Secret paradise”…. Itulah kalimat yang ada dipikiran saya ketika pertama kali travelling ke pulau sempu, benar-benar surga yang tersembunyi. Oke kali ini saya bakal memberikan beberapa info tentang pulau sempu.

     Pulau Sempu, merupakan sebuah kepulauan kecil yang berada di sebelah selatan Pulau Jawa. Pulau ini berada dalam wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur,atau tepatnya berada di selatan Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Saat ini pulau Sempu merupakan sebuah kawasan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah. Dalam dalam pulau ini tidak ditemukan adanya mata air laut di tengah pulau.

Pulau sempu merupakan pulau yang tidak berpenduduk dan di dalamnya hanya terdiri dari hutan berbukit yg sebagian besar adalah hutan mangrove. Pulau sempu memiliki sebuah danau yaitu segara anakan, danau ini merupakan danau pasang surut air laut yang indah. Meskipun memiliki kedalaman sekitar 5 meter, danau ini aman untuk kegiatan snorkling ataupun hanya sekedar berenang karena sudah terbebas dari ombak laut lepas samudra Indonesia. Secara geografis, Pulau Sempu terletak di antara 112° 40' 45? - 112° 42' 45? bujur timur dan 8° 27' 24? - 8° 24' 54? lintang selatan. Pulau itu memiliki luas sekitar 877 hektar, berbatasan dengan Selat Sempu (Sendang Biru) dan dikepung Samudera Hindia di sisi selatan, Timur dan Barat.

Pulau Sempu dapat ditempuh dari Malang melalui Pantai Sendang Biru, dan penyeberangan menggunakan perahu nelayan, serta mendapat perijinan.untuk bisa masuk ke tempat wisata pulau sempu.tapi biarpun begitu tidak akan menyesal karena keindahan pulau sempu itu sendiri. (artikel Wiki)

Kali ini rombongan kita cukup banyak dibanding dengan postingan pertama  Perjalanan bersama robot di Ranu Regulo yang hanya 3 ekor saja, dari gambar diatas Adit, Indra, Ari (pemeran robot di awal posting), Si Tampan dan berwibawa (baca:udah tau sendiri lah siapa), Rahman, Krisna.

Kami berlima meluncur dari Surabaya stlh salat subuh, seperti biasa langsung menuju rumah krisna yang kebetulan tinggal di Malang. Disana langsung disambut oleh 2 gadis kembar yang uuuoohh…. tak mampu diungkapkan dengan kata-kata, karena kalo diungkapkan bisa-bisa kita dilarang krisna datang lagi kerumahnya,hahaha…. Tp memang itulah yg menyebabkan bulu kuduk merinding dan ingin slalu datang menjemput kerumah krisna pdhl bukan krisna tujuan kita, wkwkwkw….. 2 gadis kembar itu yakni adik kandungnya. 

“Ooh Krisna.. walaupun kau lebih muda dariku tapi aku rela memanggilmu kakak" 


Cukup…. Blog ini membahas perjalanan touring saya, bukan membahas tentang 2 gadis kembar yang menawan hati. Peaca kriiissss….

Oke sebagai gambaran waktu dari malang menuju Sendang biru sekitar 2-3jam. Setelah sampai di dermaga kita akan sewa perahu untuk nyebrang ke pulau sempu, jangan lupa peralatan yg dibawa dan juga bahan makanan.

Beberapa hal yang sangat penting dibawa: 
  • Air (kalo bisa masing-masing bawa air 6 liter, 6 liter itu ukuran yang pas diperjalanan krn tidak terlalu berat dan isinya cukup untuk 2-3 hari per orang)
  • Peralatan Camp 
  • Senter ( kalo malam gelap banget, jelas aja namanya juga pulau tak berpenghuni jd blm ada lampu pnerangan kaya dijalanan ibukota)
  • Bawa makanan secukupnya, jgn terlalu over krn ga ada toilet umum, saran saya bawa mie instan, sarden, dan nutrijely
  • Pisau untuk cari kayu bakar kl pngn bkin api unggun (kl dilarang petugas bawa ya sementara nimbrung ditenda-tenda sebelah kl ada yang bikin api)
 
Dari malang kita menuju sendang biru lewat turen, dari sana kita menyempatkan waktu 1 jam untuk mampir mengambil arah melewati Jembatan bajul mati (mumpung lagi kesana menyempatkan ambil gambar)


Ini bukan patung selamat datang, inilah rombongan kami

Ambil gambar diseberang Jembatan Bajoel Mati
Muara Lepek

 
Disamping kanan adalah muara lepek, jika kita mengikuti arah arus maka 5menit kemudian kita kan menemui Pantai Lepek.

Pantai Lepek

Pantai Lepek

Setelah dari Pantai lepek kita mampir lagi ke Goa cino, Pantai Goa Cino  merupakan tempat wisata baru setelah dibukanya jalur pantai selatan, berada sekitar 5km sebelah barat Pantai Sendang Biru lewat jalur pantai selatan, yang sebenarnya ada 3 pantai paralel, yang pertama yaitu Pantai Sendang Biru dengan pesona Pulau Sempu dan Segoro Anakanya dengan fenomena lumba2 waktu siang hari,yang ke2 Pantai Guo Cino dengan keindahan 5 karang ...raksasa yang berjajar bak benteng perang,yang terakir Pantai Bajul Mati & Kondang Tejo
kalau kita ke Pantai Bajol Mati akan melewati sebuah Jembatan Tambakrejo yg lumayan bagus serta sunset yang tak kalah bagus dengan bali.

 .

 
Dan setelah mampir di berbagai tempat barulah kita menuju sendang biru yang sekitar setengah jam lagi kita bakal sampai di dermaga. Oke di sendang biru kita wajib ijin pada petugas dengan meninggalkan identitas dan uang seikhlasnya (waktu itu saya kasih 15ribu doang). Sewa perahu 100rb max 10org (murah kan masing-masing cuman 10rb), kalo rombongan cuma 6 ya tunggu aja pasti ada rombongan lain mau gabung.
Naek Perahu

Ada gadis penjual korek api nyasar
Nah tujuan kita kali ini yaitu ke Segara Anakan, tinggal bilang aja ke nahkoda (kl sebutan utk supir perahu apaan ya?) ntr bakal diturunin ke teluk semut, ini penampakan teluk semutnya
Teluk Semut
 
Setampan-tampannya kita pasti akan terjerembab juga, hahahaha…..

Untuk kecepatan standart dijalan setapak sekitar 2jam, jika bawa cewek lembek bisa sampe 4-5jam (itulah alasan kenapa kita-kita tak pernah ajak cewek pas kesana).







2 jam kemudian....
Sampailah kita dipulau sempu, dan mari kita mendirikan tenda


Maaf gambar ini diambil keesokan harinya jam5 setelah salat subuh
 
Setelah penjelasan tentang perjalanan sudah cukup, sekarang waktunya  saya posting gambaran kondisi disurga kita.




































9 komentar:

  1. bisa kirimkan rutex dari surabaya ke sempu?

    BalasHapus
  2. Yang jelas dari Malang itu menuju arah turen (malang selatan), nah dari situ ngikut aja signage menuju arah Sendang Biru... dari sendang biru tinggal sewa kapal utk nyebrangnya.

    BalasHapus
  3. Pengen ke sana.....bagus banget tempatnya...

    BalasHapus
  4. untung ya...dikau n pren gk nyasar...[ergi & pulang dengan selamat.. :) menyenagkan pastinya.. :)

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah.... kl mau kesana insya'allah mudah kok, krn tinggal ngikutin signage aja, plakat hijau ditiap belokan :)

    BalasHapus
  6. kira2 butuh dana banyak gak yaa buat nyampek sana

    BalasHapus
  7. Aku baru saja pulang dari sana, :) beneran bagus banget

    BalasHapus
  8. Ternyata alam Indonesia indah bangat min :)
    Salam Kenal.

    Bagi agan-agan yang ingin merasakan lebih dekat keindahan Pulau Sempu dengan foto virtual. Bisa lihata disini:

    http://indonesiavirtual.com/index.php?option=com_jumi&fileid=11&Itemid=109&id_img=699

    BalasHapus